Spesifikasi dalam standard pengelolaan
Perencanaan Program
- Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak berkepentingan.
- Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
- Sekolah memiliki Komite Sekolah. Komite Sekolah memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan
- Sekolah memiliki Visi dan Visi.
- Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, danKomite Sekolah.
- Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar Sekolah merevieu Visi dan Misi secara berkala.
- Kepala Sekolah memiliki Rencana Kerja.
- Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi
diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah.
- Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.
- Sekolah memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar.
- Dalam menyusun program kerja, kepala
sekolah melibatkan Pendidik, Penjaga, dan Komite Sekolah Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik.
- Sekolah mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi.
- Sekolah menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan
dengan prioritas daerah dan pusat.
- Tujuan sekolah disosialisasikan kepada orang
tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
- Sekolah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah.
- Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah.
- Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada warga sekolah, masyarakat sekitar, Pejabat Pemerintahan Desa.
- Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
Supervisi dan Penilaian
- Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah.
- Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan
- Sekolah melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala.
- Sekolah menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah
- Sekolah membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah.
- Sekolah menyusun indikator keberhasilan sekolah.
- Sekolah menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah.
- Sekolah mensosialisasikan indikator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi
Supervisi dan Evaluasi
- Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan
- Sekolah memiliki memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.
- Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah pembagian tugas, pemberian penghargaan,
pengembangan profesi
- Sekolah mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan.
- Sekolah memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
- Sekolah memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya.
- Kepala Sekolah membuat program supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala.
- Kepala Sekolah melaksanakan melaksanakan supervisi pengelolaan danmenindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
- Kepala Sekolah membuat program supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala.
- Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
- Sekolah melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah
- Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis
- Masyarakat mendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik.
- Sekolah menjalin kemitraan dengan Komite Sekolah, Msyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, dalam kegiatan non akademik.
- Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah.
|