SD Negeri 005 Petapahan Jaya

Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar – Riau

Pembelajaran

A. Silabus

  • 100 % ( 14orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.
  • 100% ( 14 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  • Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL

  • Silabus selalu/jarang/tidak dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.

  • 100 % ( 14 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajar

  • 100 % ( 14orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.
  • 100% ( 14 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  • RPP dikaji/direvieu setiap tahun.

  • RPP mencakup/memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.

  • Sumber belajar yang tersedia meliputi buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, Lingkungan, lainnya

  • Buku teks cukup untuk satu siswa satu buku.
  • Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya.

  • Semua/sebagian besar/sebagian kecil guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

  • Semua/sebagian besar/sebagian kecil siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.

C. Implementasi proses belajar

  • 100 % (14 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang diapkannya.

  • Dalam proses pembelajaran 71,4 % (10 orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.
  • Dalam proses pembelajaran 42% (6 orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
  • 64% (9 orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)
  • 57,1 % (8 orang) pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.
  • 71,4 % (10 orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
  • 85,7% (12 orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.
  • 100% (14 orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.
  • Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
  • 100% (14 orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
  • Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.
  • 100% (14 orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.